Thursday, March 22, 2012

Pengaruh tas punggung terhadap postur cervical/leher pada anak sekolah dasar


Obyek : Studi ini telah memeriksa pengaruh bermacam-macam beban tas punggung pada postur anak sekolah dasar dan kompensasi postur seperti yang ditunjukan dengan perubahan "forward head position".

Subyek: sampel 11 anak sekolah, berumur 8-11 tahun.

Metode: Foto sagital ,diambil pada setiap subyek dalam posisi berdiri tanpa beban, kemudian tas punggung diberi beban sebelum dan sesudah berjalan 6 menit dengan kecepatan jalan bebas.Ini diulangi selama 3 mg berturut-turut memakai tas punggung dengan beban secara acak, 10 %, 15 %, 20 % dari berat badan pada masing-masing subyek. Sudut craniovertebral diukur dengan "digitizing software", direkam dan dianalisa.

Hasil : Subyek menunjukan perubahan signifikan secara statistik pada sudut craniovertebral, indikasi peningkatan "forward head position" atas pemakaian tas punggung berat 15% dan 20% berat badan. Berdasar jalan 6 menit, sudut craniovertebral menunjukan perubahan secara signifikan untuk keseluruhan beban tas punggung, mengindikasikan peningkatan "forward head posture". Untuk kondisi 15% dan 20% berat badan, lebih dari 50% subyek melaporkan tidak nyaman setelah jalan, leher dilaporkan menglami nyeri.

Kesimpulan : Beban tas punggung untuk anak sekolah dibatasi 10% berat badan ,oleh karena peningkatan "forward head posture" dan keluhan subyektif pada beban 15% dan 20% berat badan.

No comments:

Post a Comment